4 Rahasia Kesuksesan Mobile Apps

4 Rahasia Kesuksesan Mobile Apps

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel sebelumnya. Sekarang kamu memiliki mobile app yang berhasil diluncurkan di App Store. Lalu apa? Untuk memastikan app kamu mudah ditemukan dan mendapatkan popularitas, kini saatnya kamu meletakkan titel Developer kamu dan mulai berpikir sebagai Marketer. Kali ini saya akan membahas beberapa tips atau rahasia bagaimana memaksimalkan potensi kesuksesan aplikasi mobile.

#1 Kecilkan pasar mobile app kamu
Saat membangun sebuah aplikasi, jangan mengharapkan aplikasimu menyasar seluruh basis pelanggan yang ada. Biayanya akan amat sangat besar dan kompetitormu akan dapat mengambil keuntungan dari kesalahanmu ini. Pertempuran belum dimulai.

Namun demikian, mulailah membuat aplikasi dengan menyasar pengguna yang relatif spesifik. Umumnya, kamu tidak mengetahui apakah aplikasimu berhasil selamat atau malah mati dengan cepat, dan cara terbaik untuk mengetahuinya adalah saat pengguna menggunakan aplikasimu.

Saat kamu fokus dalam membangun “komunitas kecil” mu, kamu punya kesempatan untuk berbuat kesalahan hanya pada golongan kecil tersebut. Kamu punya kesempatan untuk meningkatkan aplikasimu untuk memenuhi tuntutan pengguna dengan mengamati kebiasaan mereka melalui analytics dan meletakkan pelajaran tersebut kedalam peningkatan produk. Hal ini akan membantu kamu membuat aplikasi yang lebih baik.

#2 Dapatkan perhatian pelanggan
Push Notification punya riwayat kesuksesan yang amat efektif dan sejauh ini menjadi formula paling kuat untuk marketing dimana hal ini bisa digunakan oleh jaringan retail untuk meningkatkan penjualan melalui m-Commerce. Ini tidak hanya meningkatkan engagement dan retensi tetapi juga dapat meningkatkan lebih banyak penjualan.

Menurut riset dari Urban Airship Good Push Index (GPI), Push Notification membuat aplikasi dibuka 26% lebih sering dan berhasil membawa 92% rating retensi pada mobile app.

Terlebih, 50% pengguna yang mendaftarkan Push Notification ingin untuk mendapatkan akses pada penawaran sepesial ataupun eksklusif. Dalam kata lain, orang-orang ini sudah siap untuk membeli apapun melalui aplikasimu.

#3 Desain pengalaman pengguna yang lebih baik
Cobalah untuk menawarkan pengalaman pengguna terbaik dalam aplikasimu. Mengetahui aturan-aturan tentang bagaimana pengalaman pengguna dewasa ini adalah sebuah keharusan. Saat melihat aplikasi Facebook, seolah dunia app sedang terbalik. Facebook membuat menu dan menyembunyikannya didalam “slide over drawer” dan dengan cepat metode ini diikuti oleh ribuan aplikasi lainnya. Dalam hitungan bulan, sebagian besar aplikasi yang di download menggunakan fitur ini, karena “slide over drawer” terasa sangat natural dan membawa pengalaman pengguna yang lebih baik.

Mari kita temukan hal terpenting apa yang ada didalam aplikasimu. Buat daftar menu yang tidak terlalu penting yang hanya akan menimbulkan kekacauan jika seluruhnya kamu tampilkan di depan. Hint: Jika kamu meringkas fungsi utama aplikasimu menjadi hanya satu fitur, apakah itu? Sekarang, apa fitur utama berikutnya? Apakah ada lagi yang ketiga? Jadilah unik dan simpel. Ingatlah “Less is more”!

#4 Agresif di SocialMedia
Apakah kamu berpikir bagaimana cara terbaik dalam menggapai pelanggan dan klien-klien mu secara efektif? Maka social media lah solusi terbaik untukmu!

Pengguna social media sangat aktif dalam memeriksa profil mereka dan sangat lapar terhadap trend terbaru yang mengejutkan mereka, terutama jika mereka merasa punya ketertarikan pada sebuah konten. Mereka adalah target market terbaik yang bisa membawa dampak peningkatan penjualan.

Diluar aplikasi online store yang telah kamu buat, menghadirkan brand social media bagi aplikasimu, kamu juga ingin menciptakan komunitas online bagi para penggemar aplikasimu untuk berkumpul, berbagi pengalaman dan saling berinteraksi dengan brand mu. Social media seperti Facebook, Twitter dan Google+ bertindak sebagai kanal interaktifitas komunikasi dua arah yang dapat membuatmu mendengar masukan dan merespon pengguna aplikasi secara langsung, sehingga diharapkan timbul interaksi dari pelanggan kepada kerabat dan temannya, yang dimana hal tersebut sama pentingnya dengan meningkatkan rating transaksi.

Lihat infografis platform social media dibawah ini yang paling banyak berpengaruh terhadap penjualan:

And last, but certainly not least:
Berikan mereka produk berkualitas. Itulah rahasia mobile apps paling sukses saat ini!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://fajarnugraha.com/wp-content/uploads/2017/08/macbook.jpg);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 620px;}