Sharing is caring. Terima kasih atas atensi, pertanyaan-pertanyaan dan diskusi interaktif dari pembaca sekalian, baik secara online di web ataupun kontak langsung ke saya via WhatsApp. Mulai dari pertanyaan sederhana hingga diskusi serius bagaimana membangun startup. Mulai dari undangan pembuatan project aplikasi mobile hingga undangan mengisi materi sebuah seminar. Semua ini sangatlah membekas dalam diri saya.

Melalui blog ini saya berbagi. Berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang bidang yang saat ini saya jalani: Mobile Development. Web ini sempat down beberapa waktu lalu. Tenang, bukan karena hacking, tapi karena saya lupa bayar hosting. Saking sibuknya jadi urusan kecil seperti ini jadi luput dari perhatian saya. Saya harus pindah hosting kemudian, dan saya harus mebangun segala sesuatunya dari awal lagi, which is good malah. Insiden ini kembali menyadarkan saya bahwa webblog ini sudah sangat tidak terawat. Sekitar hampir 3 tahun tidak pernah ada update artikel apapun. Maafkan saya temans!

Fajar Nugraha | Indonesia iOS Developer & IT Consultant

Kenapa hilang data kok jadi bagus? Artinya saya berpikir positif bahwa semuanya akhirnya bisa dimulai kembali dari awal. Fresh start. Sesuatu yang harus kita akui juga ingin terjadi di kehidupan nyata kita. Saya berkesempatan untuk memulai kembali. Dari nol. Artikel-artikel lama tidak saya upload ulang karena memang sudah terlalu lawas dan outdated, sesuatu yang sebisa mungkin dihindari dari webblog ini.

Saya minta maaf. Web ini bukan sarana jualan saya. Hal yang sejak web lama saya terus tekankan. Disini saya hanya ingin berbagi pengetahuan. Tentang apapun yang mungkin bisa menjadi perhatian kalian, para pengunjung. Loh kok ada banner jualannya? Okey saya sedikit luruskan. Banner itu memang untuk jualan jasa saya, tapi saya berjanji tidak akan agresif dan membiarkan banner itu apa adanya. Banner tidak akan mengganggu kenyamanan membaca kamu. Kamu tidak akan menemukan banner jualan saya didalam artikel manapun kok. Cukup adil ya?

Kalau boleh saya jujur, sewaktu web yang lama pun, saya tidak terlalu mempresentasikan diri saya, namun pada kenyataannya banyak rekan-rekan bisnis melihat saya sebagai calon partner potensial yang bisa membantu mereka dalam mengembangkan aplikasi mereka. Itu benar. Setidaknya salah satu alasan kenapa web ini terbengkalai adalah banyaknya permintaan jasa pembuatan aplikasi mobile. Dari aplikasi yang berdurasi pembuatan 2 bulan, hingga 1 tahun. Dari aplikasi sederhana, hingga aplikasi serius yang diminta oleh lembaga negara. Ups, untuk yang satu ini perjanjiannya sangat tegas: NDA alias Non Disclosure Agreement. Artinya saya tidak boleh mengaku-aku dan/atau mempresentasikan aplikasi ini dan mencantumkannya sebagai portfolio saya.

Saat ini saya ingin kembali ke “khittah”. Kembali ke akar saya. Kembali mulai aktif menulis blog ini sebagai wadah berbagi ilmu mengenai segala hal yang berkaitan dengan mobile development secara khusus, dan dunia IT pada umumnya.

FajarNugraha Group – A Group of Highly Skilled Developers

Okey. Ini adalah satu-satunya tempat didalam web page saya untuk berjualan. Pinky promise! Nah, lanjut dari paragraf sebelumnya. Awalnya saya bisa mengerjakan project-project ini secara mandiri. Namun belakangan saya berpikir untuk mengikutsertakan rekan-rekan developer lainnya dengan lintas skill. Bukan karena apa-apa, namun karena saya hanya fokus pada Project Management, UI/UX dan iOS Development saja, permintaan dari klien pun bermacam-macam. Mulai dari Android apps, Backend, hingga diminta membuat Business Analytics sebuah Startup. Ini pastilah bukan pekerjaan seorang Fajar sendiri. Untuk itulah saya beserta rekan-rekan membuat semacam tim yang khusus menangani project-project seperti ini. Saya dan mereka terkadang tidak pernah sekalipun bertemu, dan mereka pun bukanlah freelancer pengangguran. Umumnya mereka bekerja di perusahaan ternama ataupun akademisi dengan skill yang mumpuni. Dampak dari sini pun luar biasa. Saya berkesempatan untuk dapat mengenal mereka dari lintas profesi IT yang saya sendiri tidak pernah menyangka. Ada begitu banyak talent-talent IT Indonesia mengerjakan project-project multinasional dan mereka tetap rendah hati.

Saya dan rekan-rekan tim lainnya percaya bahwa hanya butuh sedikit sentuhan saja, tenaga-tenaga ahli ini bisa membuat perubahan besar bagi bangsa ini. Melalui laman ini juga saya dengan rendah hati ingin mengundang kepada rekan-rekan yang mempunyai ide dan tujuan yang sama (butuh tambahan uang jajan juga) untuk bergabung kedalam tim ini. Silakan untuk mengisi data diri kamu melalui laman Contact ini. Tim akan dibagi kedalam beberapa unit yang lebih kecil lagi tergantung kepada kebutuhan project.

B2B

Bagi para Business Owner yang merasa kesulitan dalam membentuk tim IT yang solid dan terpercaya, silakan mendayagunakan talent-talent kami. Saya bisa pastikan bahwa talent-talent ini adalah anak bangsa asli. Dengan begitu Anda turut serta dalam mengembangkan Nawacita perekonomian digital di Indonesia.

Terima kasih.

Happy coding!
#salamSatuKeyboard #apalah #abaikanSaja

Your email address will not be published. Required fields are marked *