Cara Membuat Aplikasi iOS Tanpa Background IT

Cara Membuat Aplikasi iOS Tanpa Background IT

Judulnya sedikit mengganggu ya? Bukan, ini bukanlah provokasi bagi rekan-rekan IT sungguhan lainnya. Ini lebih kepada sugesti. Sugesti bagi rekan-rekan lain yang “terlambat” menentukan karir. Bisa saja di usia 35 tahun seseorang baru menemukan passionnya di bidang mobile development. Well, siapa tahu bukan?

Baiklah, sesuai judul diatas, bagaimana kita akan melakukannya? Jawabannya adalah sebuh pertanyaan sederhana:

Bagaimana cara seekor gajah makan? Sesuap demi sesuap.

Relaks. Santai saja.

Saya pun tidak memiliki background IT dulunya dan saya berhasil membuat karir saya dibidang iOS development. Hanya saja butuh ekstra lebih keras dalam belajar, membaca dan berlatih.

Ada banyak tempat untuk memulai segala sesuatunya. Kamu bisa mengunjungi situs penjualan buku dan mencari beberapa buku iOS Development yang sangat bagus disana. Beli 2-3 buku. Sudah. Kamu kini memiliki apa yang kamu butuhkan. Pelajari bab demi bab hingga kamu mengerti.

Saya merekomendasikan buku yang memiliki rating cukup tinggi di Amazon seperti buku Big Nerd Ranch dan buku-buku milik Ray Wenderlich.

Saat saya memulai mempelajari iOS development 8 tahun lalu, ada begitu sedikit referensi belajar di internet. Saya harus mencari satu per satu, mempelajarinya, mengulangnya, dan begitu seterusnya. Saya menemukan website yang bagus saat itu (saya lupa namanya) dan mengerjakan setiap contoh berulang-ulang kali hingga saya paham. Contoh-contoh nya sangat simpel. Namun sekali saat saya betul-betul memahami pola delegate semuanya terasa begitu mudah untuk dimengerti. Perlu saya ingatkan, hal-hal ini tidak akan berhasil dalam hitungan beberapa hari saja. Sedikit saran, kamu tidak perlu memahami seluruhnya sekaligus. Cukup ketikkan saja kode-kode pada contoh yang diberikan dan lanjutkan saja. Lambat laun otakmu akan menemukan titik terangnya sendiri. Kemudian setelah itu ulangi contoh-contoh tersebut. Saya tahu ini akan mengesalkan dan membuat frustasi tetapi perlu diingat bahwa kamu tidak bisa membangun rumah hanya karena kamu tahu bagaimana mengetuk paku, bukan? Ini adalah proses yang sangat panjang.

Kemudian rubahlah kode-kode dari contoh-contoh tersebut. Buatlah apapun saja, tidak ada yang peduli. Ini hanyalah sekedar project sarana latihan kamu kok.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://fajarnugraha.com/wp-content/uploads/2017/08/macbook.jpg);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 620px;}