Developer Hebat adalah Tak Ternilai

Developer Hebat adalah Tak Ternilai

Ada beberapa nilai tak terlihat yang memisahkan antara developer hebat dengan selainnya lebih daripada kemampuan teknis mereka. Pengetahuan dan informasi kini tersedia bagi siapapun, tetapi karakter adalah hal paling mendasar yang tidak bisa diperoleh dengan mudah. Saya telah bekerja bersama dengan banyak developer dengan berbagai kemampuan teknis dan inilah rangkuman saya mengenai jenis kualitas yang memisahkan mereka dari yang selainnya.

1. Sikap Positif
Percayalah, programmer hebat peduli dengan produk kamu. Mereka bersikap positif, bersedia menyelesaikan tugas sejauh yang mereka bisa dan mampu memberikan hasil terbaik. Walau penting untuk tidak membiarkan developermu kelelahan, namun hal semacam ini tidak bisa dihindarkan. Saat kamu ingin meluncurkan produkmu dalam tenggat waktu yang ketat, mereka selalu siap untuk mengikutimu. Karena mereka peduli. Developer hebat tidak membiarkan ego mereka menghalangi dari menerima feedback. Cara terbaik untuk tetap menjaga performa mereka salah satu caranya adalah dengan memberikan project menarik untuk mereka kerjakan, berikan mereka rasa kepemilikan dan memuji atas hasil bagus mereka. Perusahaan startup bisa memberikan opsi pemberian saham, membayar lembur, membayar cuti mereka, atau mencari cara kreatif lainnya yang bisa memastikan mereka tetap berada bersamamu.

2. Kemampuan Komunikasi Hebat
Kemampuan berkomunikasi dengan baik berkaitan erat dengan kemampuan development. Developer hebat mampu memahami masalah dalam kapasitas sewajarnya. Mereka mengerti sebuah konsep dengan cepat, atau kemampuan bertanya yang tepat yang bisa membantu mereka lebih memahami, dan tidak selalu membutuhkan segala sesuatunya tertulis didalam dokumentasi yang spesifik. Developer yang tinggal diluar negeri biasanya berbicara lebih dari satu bahasa dan lebih mudah mengerti arahan dari dokumen berbahasa Inggris. Dalam era teknologi, Bahasa Inggris merupakan bahasa defacto untuk kebanyakan dokumentasi dan interaksi. Jika mereka tidak mampu, mereka akan butuh penerjemah, membuat pengetahuan mereka menjadi diabaikan.

3. Hebat dalam Manajemen Waktu dan Tugas
Developer hebat senantiasa dapat diandalkan. Mereka punya etos kerja yang kuat dan selalu menghadiri pertemuan tepat waktu. Salah satu jenis kemampuan yang penting adalah kemampuan menghitung banyaknya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas, mengkomunikasikannya dan menyelesaikannya. Developer luar biasa adalah mereka yang hebat dalam menghadapi klien atau atasan mereka lebih dari kontrol kamu terhadap mereka.

4. Kemampuan Belajar yang Cepat
Developer hebat umumnya juga merupakan seorang pembelajar yang lura biasa. Mereka memiliki kemampuan belajar teknologi baru dengan cara mereka sendiri dan mereka sama sekali tidak terintimidasi dengan itu. Mereka memiliki kemampuan untuk menyerap potongan-potongan informasi dan memprosesnya sambil lalu. Setiap programmer pasti akan mengalami situasi tanpa jawaban. Programmer hebat selalu mendapatkan pendekatan berbeda, berbicara dengan orang-orang yang tepat dan menemukan solusi bagaimanapun juga. Kemampuan terbaik yang bisa dimiliki seseorang adalah pengetahuan untuk belajar, dan seorang developer hebat telah menguasai kemampuan seorang pembelajar hebat.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://fajarnugraha.com/wp-content/uploads/2017/08/macbook.jpg);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 620px;}