Swift? Tidak Begitu Buruk

Swift? Tidak Begitu Buruk

Harus saya akui, Swift….terlihat jauh lebih baik dari yang saya harapkan. Walau bukan yang paling cutting-edge, tetapi kondisinya sudah sangat pas -lebih dari yang bisa saya katakan dibandingkan bahasa pemrograman modern lainnya. Swift terlihat dibuat oleh orang-orang yang tahu dan bercitarasa betul terhadap perkembangan bahasa pemrograman dewasa ini. Terlebih jika kita melihat kesiapan pasar, Swift dibuat untuk tidak terlalu menggemparkan semua orang, tetapi ia dibuat seperti desain yang sangat solid.

Dalam banyak hal, Swift terlihat mirip seperti bahasa Go yang seharusnya terlihat. 🙂

    Swift punya banyak fitur-fitur inti yang menurut saya krusial untuk bahasa pemrograman modern yang high-level.

  • Generics
  • First-class functions
  • Good support for immutabikity (ie let, mutating)
  • Tuples
  • Variants/sum types (via enums yang mengandung values)
  • a REPL

    Swift juga terlihat mempunyai dukungan OO (Object Oriented). Jika Java mencoba menarik C++ programmer, Swift berusaha menarik programmer iOS ke ML – yang justru saya dukung.

    Swift adalah pelepas penat bagi seorang prgrammer yang sudah lelah dengan bahasa C dengan OO dan fitur-fitur modern kelas atas yang membosankan. Swift memposisikan diri untuk tidak terlalu jauh dengan bahasa-bahasa mainstream namun juga tidak takut untuk menambhakan fitur-fitur advance (seperti sum types), tanpa membuat langkah “radikal” apapun. Jika melihat ini, filosofi desainnya nyaris sama dengan bahasa C# modern.

    Saya masih mempelajari Go (sepertinya bagus, saya akan perdalam nanti), dan saya mencoba menghabiskan waktu untuk memikirkan bagaimana sebuah bahasa pemrograman dapat di desain dan ditingkatkan tanpa harus mengorbankan fitur inti bahasa tersebut. Saya pikir Go bisa belajar dari Swift terkait hal ini, tentu dilengkapi dengan fitur-fitur OO diatasnya.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

div#stuning-header .dfd-stuning-header-bg-container {background-image: url(https://fajarnugraha.com/wp-content/uploads/2017/08/macbook.jpg);background-size: cover;background-position: center center;background-attachment: scroll;background-repeat: no-repeat;}#stuning-header div.page-title-inner {min-height: 620px;}